Beginilah Orang yang Merdeka di Era Digital

" Sekali merdeka tetap merdeka, 
selama hayat dikandung badan, kita tetap setia, tetap setia mempertahankan Indonesia, kita tetap setia, tetap setia membela negara kita...  " 

Lirik lagu nasional kemerdekaan diatas adalah suatu motivasi yang memberikan semangat kepada kita, bahwa hari ini kita telah merdeka, berkat rahmat Allah yang Maha kuasa. Kemerdekaan direbut oleh para pejuang negeri ini dengan perjuangan yang tidak mengenal kata menyerah.

Pahlawan bangsa ini berjuang, hanya untuk sebuah kata indah yang karena itu kita terbebas dari belenggu penjajah yang membuat hidup sengsara, yakni " Merdeka ". Bagi kita generasi muda hari ini, tentu kita tidak lagi melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan. Tetapi, kita tinggal mengisi hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif.
Kemerdekaan memiliki makna yang sangat luas, secara ringkas merdeka bermakna terbebasnya kita dari belenggu penjajahan. Di era digital ini, hidup kita pun terasa lebih merdeka, merdeka dalam arti memperoleh berbagai kebebasan, bebas berinteraksi, bebas bersilaturrahmi, bebas belanja online, bebas mendapatkan informasi dan berbagai kebebasan yang kita dapatkan. Selagi itu dalam batasan kewajaran, maka silahkan nikmati.

Jika dahulu saat saya masih menjalankan masa perkuliahan, dimana pada masa itu belum dapat dikatakan era digital, kenapa ? karena ingin mengetahui kabar keluarga dari kampung saja saya harus mengirimkan sepucuk surat yang bisa memakan waktu 5 sampai 7 hari. Belum lagi saat menunggu balasan, jadi saling berbagi kabar saja dahulu, pesan baru tersampaikan setelah 2 minggu.

Saat era digital hari ini, semua itu sudah serba instan. Cukup dengan menggunakan ponsel saja, ketikkan nomor lalu call terhubung dan kita bisa bicara sepuasnya. Belum lagi jika menggunakan video call dari berbagai layanan yang disediakan, semakin menambah kemudahan untuk berinteraksi dengan keluarga yang jauh dari kita.

Setidaknya inilah Arti Merdeka di Era Digital :
Informasi dari manapun dan kapanpun bisa dengan mudah kita dapatkan hanya hitungan menit bahkan detik, semua itu berkat kemajuan teknologi era digital hari ini. Apa yang terjadi di daerah lain bahkan negara lain bisa kita ketahui dengan cepat. Bebas mendapatkan informasi inilah yang berarti kita merdeka memperoleh informasi baik dalam maupun luar negeri.

Sepeti informasi SEA Games 2017 yang sedang berlangsung di Malaysia sana, setiap saat bisa kita ketahui informasi updatenya. Bahkan perolehan medali sementara juga dapat kita temukan dengan cepat, meskipun kita tidak mengikuti perkembangan berita SEA Games tersebut, cukup ketik kata kunci " Peringkat Perolehan SEA Games 2017 ". Maka akan kita dapatkan informasi dari beberapa media elektronik yang memberitakan hal tersebut. Inilah penampakan peringkat perolehan medali SEA Games 2017 yang saya dapatkan dari pencarian tersebut.
Informasi disini tentu sangatlah luas sekali maknanya, berbagai macam informasi bisa kita dapatkan, seperti berita-berita update, peluang bisnis, lowongan kerja, dan lainnya. Bahkan untuk informasi dari orang-orang terdekat juga dengan cepat bisa kita dapatkan, melalui akses media sosial seperti : facebook, twitter, Whats App dan lainnya.
Selanjutnya merdeka di era digital adalah bebas berkarya. Punya keahlian namun belum banyak diketahui oleh orang lain, saatnya manfaatkan media sosial pada era digital ini. Anda mungkin sering melihat orang yang sukses karena mempublish, upload dan menyebarkan karya mereka melalui media sosial. Ketika itu bermanfaat dan disukai oleh orang banyak, maka akan cepat membuat karya seseorang itu terkenal, bahkan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Medsos bahkan bisa membuat orang terkenal karena hal sederhana, seperti memiliki keunikan dari suara, memiliki keahlian yang unik dan sebagainya. Anda tentu masih ingatkan Norman kamaru brimob yang terkenal karena youtube, Sinta dan Jojo terkenal karena lagu keong racun. Udin sedunia terkenal karena lagu kocaknya. Tentunya masih banyak lagi yang lainnya.
Apapun impian Anda bisa sukses karena adanya kecanggihan di dunia teknologi era digital, seperti sukses mendapatkan pekerjaan melalui situs-situs lowongan kerja online, sukses berbisnis online dengan memasarkan produk melalui toko online, medsos dan lainnya.

Semua orang bisa sukses meraih impiannya di era digital ini,  seorang bocah dari Aceh berhasil menciptakan energi listrik dari pohon kedondong. Ya...namanya Naufal Raziq. Ia dikenal orang di seluruh Indonesia karena ia hidup di era digital, sehingga banyak yang membagikan kisahnya, seperti media-media online besar. Jika ia hidup tidak pada era digital, tentu tidak banyak orang yang mengetahui bocah pintar nan kreatif ini.
Inilah Naufal Raziq, bocah penemu energi listrik dari pohon kedondong ( sumber gambar www.jawapos.com )

Mungkin Naufal hanya memiliki impian sederhana dengan temuannya, yaitu untuk memberikan penerangan di kampungnya, karena belum tersedianya lsitrik, namun siapa sangka ia justru menjadi viral dan dikenal oleh orang banyak karena ia hidup di era digital.

Demikianlah postingan saya pada kesempatan hari ini, dari tulisan saya ini dapat saya simpulkan bahwa merdeka pada era digital itu adalah bebas mendapatkan informasi, bebas berkarya, bebas meraih impian.

Kebebasan disini mengandung makna kebebasan yang bersifat positif dan bukan memanfaatkan era digital untuk melakukan tindakan kejahatan. Terimakasih telah membaca tulisan ini, sekali merdeka tetap merdeka.

 “Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”
Alhamdulillah tulisan ini menang dalam lomba blog palingbaru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar